Latitudes Contemporaines

Kelemahan Rangka Baja Ringan yang Kamu Harus Tahu

Rangka Baja Bangunan

Harga rangka baja ringan Taso yang terjangkau adalah salah satu keunggulan yang membuat material ini semakin populer saat ini. Keunggulan lainnya adalah sifatnya yang ringan, namun kuat, tahan lama, anti karat, dan anti rayap. Namun, baja ringan juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut adalah kelemahan rangka atap baja ringan yang harus Anda tahu sebelum membelinya.

Mudah Terbawa Angin

Jika proses pemasangan tidak dilakukan dengan benar, rangka baja ringan bisa mudah terbawa angin karena sifatnya yang ringan. Sistem sambungannya memang tidak rumit, bisa berupa sekrup atau baut. Namun, hal ini juga yang membuat baja ringan bisa mudah terbawa angin. Jika Anda tinggal di daerah dimana angin kencang sering terjadi, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan kontraktor atau ahli konstruksi terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan baja ringan untuk rangka atap rumah Anda.

Rentan Roboh

Kelemahan selanjutnya adalah rentan akan roboh. Rangka atap baja ringan menggunakan sistem berbentuk jaring. Sistem jaring ini memungkinkan rangka baja ringan untuk membuat atap yang tahan lama dan kuat. Jika tidak diperhitungkan dan dipasang dengan benar, sistem jaring ini bisa membuat rangka baja ringan rentan untuk roboh. Walaupun rangka baja ringan tidak mudah menyusut atau memuai karena perubahan cuaca atau panas, Anda tetap harus mempertimbangkan kemungkinannya saat proses pemasangan. Karena jika tidak teliti, hal ini bisa membuat seluruh atap roboh yang tentu akan sangat berbahaya.

Kurangnya Nilai Estetika

Nilai estetika rangka baja ringan tergantung pada penutupnya. Hal ini dikarenakan rangka baja ringan tidak bisa diekspos. Selain itu, jika penutup rangka berbobot berat, maka konstruksi atap akan semakin rapat. Faktor ini jugalah yang mengurangi nilai estetika rangka atap baja ringan. Berbeda dengan rangka kayu, rangka baja ringan tidak bisa diekspos atau dibuat transparan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini. Seperti, tampilan rangka baja ringan terlihat tidak rapi jika diekspos. Hal ini akan mengurangi keindahan dan nilai estetika dari fasad rumah.

Faktor yang lain adalah rumah akan terasa panas jika material baja ringan diekspos sinar matahari langsung. Karena itulah semua rangka baja ringan biasanya ditutupi dengan material kayu agar terlihat rapi dan terlindung dari panas sinar matahari.

Proses Pembuatannya Tidak Ramah Lingkungan

Terakhir, proses pembuatannya yang tidak ramah lingkungan. Dibandingkan material kayu yang lebih natural dan organik, proses pembuatan baja ringan tidak ramah lingkungan. Limbah hasil dari pembuatannya bisa mencemari lingkungan. Jika Anda aktivis lingkungan, mungkin ini menjadi masalah bagi Anda.

Itu tadi adalah kelemahan-kelemahan dari rangka baja ringan yang harus Anda pertimbangkan selain harga rangka baja ringan Taso yang cukup terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *