Latitudes Contemporaines

Mengenal Fungsi Hormon FSH dan LH

Hormon Reproduksi

Di dalam sistem reproduksi baik pria dan wanita terdapat sejumlah hormon, terutama hormon reproduksi. Untuk kedua jenis hormon reproduksi tersebut seperti hormon FSH dan juga hormon LH. Jenis hormon ini memiliki peran bahkan fungsi yang penting pada wanita dan juga pria. Lalu, apa fungsi hormon FSH dan LH? Simak jawabannya di bawah ini. 

Pengertian dan Fungsi Hormon FSH dan LH

Hormon FSH atau Follicle Stimulating Hormone adalah hormon yang bertanggung jawab dalam mengatur produksi sel telur pada wanita dan juga sperma pada pria. Sedangkan untuk hormon LH atau Luteinizing Hormone adalah hormon yang akan saling bekerja sama dengan hormon FSH bagi para wanita agar nantinya siklus menstruasi bisa tetap normal. Sedangkan untuk para pria, hormon ini akan menjaga testis selama masa reproduksi. 

Seluruh hormon yang diproduksi serta dihasilkan dari dalam tubuh ini berasal dari Hipotalamus yang merupakan bagian kecil yang berada di pusat otak dan nantinya berhubungan secara langsung dengan kelenjar Pituitari. Untuk lebih memahami tentang kedua jenis hormon ini, maka simaklah penjelasan tentang fungsi hormon FSH dan LH sebagai berikut ini:

  • Hormon FSH

Sebenarnya kedua hormon ini sama-sama saling berperan penting. Di mana fungsi hormon FSH yang berkolaborasi dengan hormon LH akan memastikan siklus menstruasi setiap bulannya. Nantinya kedua hormon ini akan saling memacu pertumbuhan sekaligus kematangan dari sel telur. Hal ini juga akan dimulai dari awal pembentukan, ovulasi, pelepasan sel telur dari ovarium dan proses terakhir yaitu menstruasi itu sendiri.

Pada masa subur, nantinya hormon estrogen akan mengirimkan sinyal pada kelenjar pituitari untuk menghentikan produksi hormon FSH dan memulai untuk memproduksi hormon LH. Sedangkan bagi pria, hormon ini memiliki fungsi untuk membentuk sel sperma dengan baik. 

  • Hormon LH

Sedangkan untuk fungsi dari hormon LH sendiri adalah membantu untuk memicu ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium. Nantinya hormon LH sendiri ini yang akan memaksimalkan dan juga memicu ovulasi. Nantinya folikel sel telur yang sudah dilepaskan akan berubah menjadi korplus luteum atau folikel kosong.

Nantinya folikel kosong ini akan melepaskan hormon progesteron untuk menebalkan jaringan dinding pada rahim dan juga akan menjaga apabila nanti akan terjadi kehamilan. Untuk pria, fungsi dari hormon ini sendiri adalah hormon yang akan merangsang sel leydig sehingga menghasilkan testosteron atau hormon seks yang bisa menghasilkan sperma. 

Setelah mengenal tentang pengertian sekaligus fungsi hormon FSH dan LH, maka ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan. Di mana beberapa hal penting tersebut seperti melakukan pemeriksaan rutin. Tentu hal ini bertujuan untuk menjaga kesuburan dan juga kesehatan dari hormon reproduksi Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *