Latitudes Contemporaines

Manfaat Olive Oil untuk Campuran Skincare Buatan Sendiri

skincare buatan sendiri

Campuran skincare buatan sendiri yang paling terkenal adalah susu, madu dan olive oil. Tidak heran olive oil digunakan sebagai bahan campuran kosmetik dan untuk dikonsumsi dalam masakan. Olive oil memang terkenal bisa melembabkan wajah. Di pasaran, harga olive oil murni memang lebih mahal, namun sebanding dengan manfaat yang diberikan. Sedangkan jika kamu menemukan olive oil dengan harga yang murah bisa dipastikan produk tersebut merupakan campuran dengan minyak lain. Sehingga fungsi aslinya akan berkurang. 

Olive oil mempunyai kandungan vitamin A, D, E dan C namun paling banyak mengandung polifenol yang bisa digunakan sebagai antioksidan atau pencegah radikal bebas memicu kanker. Dalam dunia kecantikan minyak zaitun banyak digunakan untuk 

  • Pelembab kulit

Skincare buatan sendiri Untuk kamu pemilik wajah yang kering dan bersisik pada wajah atau bagian tubuh lain, kamu bisa menggunakan olive oil untuk kulitmu. Kulit yang kering dan bersisik banyak terjadi di siku kedua tangan dan telapak kaki atau betis. Gunakan minyak zaitun atau olive oil pada area tersebut dan diamkan selama overnight maka kulit kering dan bersisik akan hilang. Hal ini digunakan secara rutin dalam beberapa minggu agar hasilnya bisa keluar. 

  • Menenangkan kulit

Olive oil bisa memberi efek yang menenangkan untuk kulit wajah maupun kulit tubuh.  Tak heran jika banyak orang melakukan spa atau treatment di tubuh menggunakan minyak zaitun. Memang sangat relax sekali ya pijat menggunakan minyak zaitun ini.

  • Menghapus riasan make up

Menggunakan olive oil kamu akan lebih mudah menghapus riasan make up. Terkadang make up yang terlalu bold sangat susah dihilangkan, dengan olive oil kamu bisa dengan mudah menghapusnya. Jadi bisa menghemat waktu. 

Ada beberapa tips yang digunakan untuk membeli olive oil di pasaran agar tidak tertipu dengan olive oil campuran

  • Pilih kemasan gelap 

Olive oil yang asli akan dikemas di botol yang gelap karena untuk mempertahankan kualitasnya. Sedangkan jika dikemas di botol kaca atau plastik yang terang, kualitas minyak akan turun atau rusak. Maka dari itu jika kamu melihat olive oil dijual dengan kemasan bening bisa jadi olive oil tidak asli. Jadi jika kamu pergi untuk membeli produk olive oil sudah tahukan bedanya?

  • Baca kemasan 

Banyak orang tertipu karena tidak membaca komposisi di kemasan olive oil, dalam komposisi ini dapat diketahui kandungan minyak tersebut. Kemudian di kemasan depan olive oil yang asli akan ditulis extra virgin olive oil.

  • Perhatikan izin BPOM dan tanggal kadaluarsa

Izin edar dari BPOM sangat penting untuk peredaran kosmetik,obat dan makanan. Dengan adanya izin dari BPOM berarti produk sudah aman untuk diedarkan. Kemudian tanggal produksi dan expired juga harus diperhatikan karena jika salah beli kamu juga akan merugi. 

Hal diatas adalah manfaat minyak zaitun untuk skincare buatan sendiri. Bisa kamu aplikasikan untuk kulit agar semakin sehat dan lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *